Radio Komponen Tools Jaringan Koneksi SIgnal Frekuensi

Tuesday, October 30, 2018

BISAKAH SILVER & RHODIUM DISEPUHKAN BERSAMA ?

BISAKAH SILVER & RHODIUM DISEPUHKAN BERSAMA ?

BISAKAH SILVER & RHODIUM DISEPUHKAN BERSAMA ?

By : Djoko Haryono

Irak Lio WEB Radio2 Jika tempohari saya mengulas sekitar “Mana yg. lebih baik , material antenna ( ikut inductor , cavity , resonator ) berlapis perak atau mungkin emas” , di mana saya terangkan jika EMAS TIDAK LEBIH BAIK DARIPADA PERAK , terkecuali untuk perhiasan tentunya emas lebih bernilai , jadi kesempatan ini saya ingin menulis mengenai keterkaitan RHODIUM.

Tulisan ini mengulas singkat sekitar :

01. Apakah peranan RHODIUM pada bahan perak / silver atau pada bahan yang disepuh ( dilapisi ) perak ?

02. Bagaimana bila antenna ( atau inductor dll ) yang dilapisi perak lalu dilapis Rhodium kembali ( jadi ada 2 susunan yang berlainan serta sama-sama “bertumpuk” ) ?

03. Bagaimana bila PERAK/SILVER & RHODIUM itu tidak “ditumpuk” tetapi “dicampur” serta baru campurannya dilapiskan ( jadi seperti susunan slver rhodium alloy ) ?

Pertanyaannya sebenarnya bukan pertanyaan …. “Bagaimana bila ….. dst” tsb. tetapi lebih baik yang kita tanyakanlah ialah ……. “BISAKAH DILAKUKAN PLATING ( ELECTROPLATING ) BERSAMA ANTARA KEDUANYA ( anodenya sekaligus juga perak serta rhodium ) ?”

Jika kedua-duanya ( contohnya ) dapat efisien disepuhkan bersama dengan Mengatasi Pertengkaran , lantas electrolytenya mesti memakai apakah ? Jika tube tembaga kita plating / lapisi dengan PERAK / SILVER , kita memakai Copper Sulfate / Cipric Sulfate ( CuSO4 ) menjadi electrolytenya , sedang jika RHODIUM , pelapisannya berbasiskan Silver Cyanide ( AgCn ).

Dapatkah itu dikerjakan ? Jika demikian apa electrolyte yang dipakai ? Adakah yang pernah mencobanya ?

Karena jika ada yang telah mencobanya serta sukses , saya pikir kita akan dapat melapisi antenna ( atau inductor / resonator / cavity ) tak akan dengan perak / silver tapi dengan SILVER – CHOMIUM “ALLOY” PLATING.

Bila kita kenali jika kelebihan perak ialah resistivitynya yang begitu rendah ( conductance tinggi ) serta lebih rendah dibanding emas , tetapi mempunyai kekurangan masih tetap dapat teroksidasi –lebih cepat di banding emas- , sedang kelebihan rhodium ialah lebih tahan pada oksidasi , lebih kuat serta berkilat , akan tetapi mempunyai resistivity yang tambah tinggi disbanding perak , jadi dengan lakukan “pencampuran dengan formasi / perbandingan tertentu” pada kedua-duanya , akan dapat diketemukan RATIO / KOMPOSISI YANG PALING KOMPROMISTIS.

Berarti antenna atau inductor dll. tsb. akan dapat mempunyai efisiensi puncaknya ( konduktivitas maksimal serta ketahanan pada oksidasi yang maksimal ).

Contoh konfigurasi lainnya. Anode 2 baris supaya pelapisan bertambah cepat serta rata.




Pada industri / perusahaan2 electro plating besar , banyak yang menggunakan “bola2 plastik” ( khusus untuk ellectro plating ) yang dimasukkan kedalam bak dan akan mengapung memenuhi seluruh permukaan larutan electrolyte.

Bola2 plastic tersebut sanggat effektif menggantikan “pintu” atau tutup bak karena bola2 itu akan menjadi dinding “isolator” yang bisa menjaga suhu larutan agar tetap stabil , menghambat / mengurangi penguapan , meminimalisir terjadinya percikan ( meningkatkan keamamanan ) , serta juga “meskipun seluruh permukaan solution” tertutup , benda kerja maupun anode atau electrode2 tetap bisa dengan mudah dikeluarkan / dimasukkan kedalam bak ( untuk pemeriksaan , perubahan posisi , penggantian dsb ).





Contoh Power Supply / Rectifier untuk electro plating.







Bentuk bak electro plating yang semacam ini bisa / cocok dipakai untuk melakukan pelapisan perak untuk antenna ( baik tube antenna vertical VHF / UHF ) tetapi jika yang disepuh hanya 1 antenna saja sebetulnya baknya tidak perlu setinggi dan sebesar ini( perlu disesuaikan ).

Kalau bak ini bisa untuk plating jumlah yang lebih besar ( sehari minimal ratusan batang / tube ). Untuk antenna “Wire” , Inductor / coil bak ini juga kebesaran.







Contoh lain bak electro plating.



Location: Indonesia

  2 comments:

  1. Yuk Mainkan Poker online dengan server terbaru..
    Di jamin sportif tanpa ada robot.
    Di sini kami memperkenalkan kepada anda produk P2PLAY.
    Tersedia Bonus New Member yang Menarik Setiap Deposit.
    Banyak permainan yang tersedia di dalam 1 ID.
    Penasaran ingin mencoba nya ?
    Yuk bergabung bersama kami di Agen Poker Online.

    ReplyDelete

Popular Posts

Total Pageviews

RADIO Web 2. Powered by Blogger.